Memaknai Ujian di Sekolah

By Admin 28 Jul 2020, 07:53:57 WIB Pendidikan
Memaknai Ujian di Sekolah

Salah satu kegiatan di sekolah adalah ujian atau tes. Baik itu ulangan harian, Ujian Tengah Semester ,Akhir Semester, maupun Ujian Nasional. Bahkan karena seringnya kegiatan ini, terkadang hanya sebuah rutinitas yang miskin dengan pemaknaan. Karena setiap peristiwa adalah nasehat. Agar nasehat kita berkesan adalah sesuainya nasehat dengan peristiwa yang sedang dialami. Sebagai guru atau orang tua tentunya tidak boleh melewatkan momen ujian di sekolah berlalu begitu saja, tanpa pemaknaan yang mendalam. Padahal setiap kegiatan mestinya dapat diambil makna untuk mengingatkan kita akan tujuan hidup kita, yaitu beribadah kepada Allah Ta'ala.

Kita jangan lupa  mengingatkan  anak  didik kita bahwa hidup di dunia ini ibarat ujian dari Allah kepada hamba-Nya. Jika untuk mempersiapkan ujian yang diadakan di sekolah kita perlu persiapan yang baik, maka untuk menghadapi ujian  dari Allah Ta'ala, harusnya persiapan lebih baik lagi.  Maka orang-orang yang akan sukses di dalam menghadapi ujian dari Allah adalah yang mempersiapkan dengan baik. karena ujian dari Allah adalah sepanjang hidup kita. Ujian berupa banyak atau sedikit harta, bahagia atau sedih, berlimpahnya harta, waktu luang atau sempit, dan semua peristiwa kehidupan yang dialami manusia. 

Setiap peristiwa kehidupan akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akherat. Maka beruntunglah bagi kita jika setiap  peristiwa kehidupan, bisa menjadikan kita semakin tunduk kepada Sang Pencipta. Harapan kita adalah agar anak-anak didik kita tidak hanya sukses menghadapi ujian di sekolah, tetapi lebih besar dari itu menjadi pribadi muslim yang sukses menghadapi ujian kehidupan ini. 

Para pendidik dan orang tua, marilah kita teladani salah  satu nasehat ibunda  Sufyan ats Tsauri rahimahullah (ulama tabi'in ) dalam menasehati anaknya. Suatu hari dia berkata pada anaknya, "Nak, tuntutlah ilmu. Aku yg mencukupimu dengan tenunanku. Nak, jika kamu telah menulis sepuluh hadits, maka lihatlah jiwamu apakah ia bertambah takut, lembut dan wibawa. Jika kamu tidak melihat itu ketahuilah bahwa ia membahayakanmu dan tidak manfaat bagimu."

Semoga setiap ilmu yang diperoleh dan setiap peristiwa yang dialami anak didik kita, semakin menjadikan bertambah rasa takut kepada Allah Ta'ala, semakin lembut jiwa dan perangainya, dan semakin menambah kewibaannya. Termasuk kegiatan Ujian Tengah semester tahun ini. Wallahu 'alam.

By Abu ahnaf YA (Guru IPA SMP Boarding School Putra Harapan) 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook