Berkurban untuk sesama

By Admin 27 Jul 2020, 20:48:05 WIB Agama
Berkurban untuk sesama

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Kurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (?????). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Berkurban merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh siswa SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto sebagai bentuk rasa syukurkepada Alloh dan juga sebagai training bagi diri sendiri supaya bisa merasakan berkurban dan berbagi dengan sesama.

Ketua panitia ustad Lukman Hakim mengatakan bahwa prosesi penyembelihan di SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto  pada tahun ini sengaja dlaksanakan pada hari senin, mengingat di LPA “PUTRA HARAPAN” juga melaksanakan penyembelihan, Pihaknya sengaja memisah kegiatan penyembelihan agar anak-anak lebih fokus untuk berlatih mengurusi hewan kurban dan langsung dibagikan kepada warga.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook