SPEHA BS RAIH EMAS DALAM AJANG KOPSI 2021

By Admin 17 Des 2021, 08:07:47 WIB SMP Putra Harapan
SPEHA BS RAIH EMAS DALAM AJANG KOPSI 2021

Purwokerto (13/12/2021). Kabar menggembirakan datang untuk SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto, pasalnya dalam ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2021 tim penelitian mendapatkan Apresisasi dari panitia pelaksana. KoPSI merupakan ajang lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas. KoPSI menjadi salah satu ajang bergengsi tingkat Kabupaten dengan peserta siswa SMP dari seluruh Kabupaten Banyumas. Ajang KoPSI memperebutkan Medali Emas, Perak dan Perunggu serta Apresisasi untuk perwakilan sekolah dalam katergori tertentu.

KoPSI 2021 merupakan ajang lomba yang pertama kali diikuti oleh SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto. Pada ajang KoPSI sebelumnya atau dahulu bernama Olimpiade Siswa Indonesia (OPSI) SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto belum pernah sama sekali ikut serta. Pada tahun 2021 dengan mengirimkan 1 tim yang beranggotakan Farhan Azka dan Rifki Muhammad Kelas VIII, perwakilan dari SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto mampu melaju sampai babak Grand Final.

Tim KoPSI SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto mengangkat tema lingkungan sebagai pokok penelitian untuk dilombakan. Dengan mengambil Kajian Potensi Aplikasi Pompa Air Sederhana dengan Tenaga Angin Sebagai Solusi untuk Mengatasi Kekeringan di Kabupaten Banyumas, tim KoPSI SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto berfokus untuk mengkaji permasalahan Perairan pada lahan sawah. Judul yang diajukan oleh tim KoPSI SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto rupanya mampu menarik juri hingga mampu untuk melaju hingga babak Grand Final .

Pelaksanaan KoPSI oleh tim dari SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto diawali dengan mengikuti seleksi proposal penelitia.Setelah dinyatakan lolos tahap pertama, kemudian melaksanakan penelitian, pada tahap ini tim penelitian SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto membutuhkna waktu 15 hari. Laporan dibuat setelah 15 hari pelaksanaan penelitian dan kemudian diajukan untuk menuju tahap Final. Pada awal September tim KoPSI SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto dinyatakan lolos bersama dengan beberapa kontestan lain dari 3 bidang penelitian berbeda.Grand Final KoPSI dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2021 dengan beberapa jenis display atau penyampaian gagasan. Pada pelaksanaan awal penyampaian siswa diminta membuat sebuah video presentasi dengan durasi 7 menit dan membuat gambaran tentang hasil penelitian yang dilakukan. Selanjutnya siswa menampilkan hasil video dan gambaran yang dibuat serta melaksanakan tanya jawab kepada penilai.. Akhirnya SMP Boarding School PUTRA HARAPAN Purwokerto dinyatakan sebagai juara satu dalam penanganan tentang tentang kekeringan sawah di Kabupaten Banyumas.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook