MPLS MENUJU GENERASI Z YANG ISLAMI

By Admin 18 Jul 2022, 13:24:12 WIB SMP Putra Harapan
MPLS MENUJU GENERASI Z YANG ISLAMI

Purwokerto – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif, menarik, dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai pada 11 Juli 2022, tak terkecuali di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto.

Kepala Sekolah SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto, Abdullah, S.Pt, mengatakan MPLS kali ini dilakukan secara offline atau tatap muka.

“Ada perbedaan pelaksanaan MPLS kali ini, kalau tahun sebelumnya karena pandemi sehingga dilaksanakan secara daring atau online, namun kali ini pelaksanaan MPLS dilakukan secara tatap muka langsung, sehingga masing masing siswa dan para guru bisa langsung bertemu,” kata Beliu Ustadz Abdullah S.Pt, Senin (11/7/2022).

Pelaksanaan MPLS berlangsung selama empatt hari, Senin – Kamis, (11-14 Juli 2022) dan mengusung tema “Membentuk generasi z yang berbudi, berwawasan global,cerdas dan berakhlakul karimah” yang bertempat di indoor sekolah meliputi materi :
1. Visi Misi & Struktur Kurikulum
2. Pengenalan Siswa
3. Pendidikan Inklusif

4. Cara Belajar Efektif
5. Pendidikan Karakter
6. Kegiatan Kesiswaan
7. Kecakapan Hidup
8. Keasramaan

9. Program Unggulan

Pada kesempatan itu ustadz Abdullah meyakinkan kepada peserta bahwa kegiatan ini sama sekali tidak ada unsur perpeloncoan atau bahkan perundungan (bullying) sehingga mereka akan bisa menikmati kegiatan tersebut dengan perasaan yang nyaman dan senang.

“Selama empa hari ke depan seluruh peserta akan bisa mengikuti pelaksanaan MPLS dengan rasa senang dan nyaman,” ucapnya.

“Tahun ini ada pengenalan lingkungan sekolah, baik secara fisik seperti ruang-ruang bangunan, sarpras maupun non fisik seperti visi misi sekolah, struktur kurikulum, dan lain-lain,” paparnya.

Ustadzah Sri susilowanti, ketua panitia, mengatakan secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Sebelum ada MPLS, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dikenal dengan berbagai nama seperti Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Ustadzah Sri susilowanti mengatakan bahwa kunci dari MPLS adalah memberikan pengenalan terhadap lingkungan dan situasi satuan pendidikan dengan cara-cara menyenangkan, tanpa adanya perpeloncoan atau pun tindak kekerasan yang lain.

“Kunci di dalam masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini adalah bagaimana peserta memahami lingkungan situasi yang baru dengan suasana hati yang menyenangkan,” katanya.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook