Masa pandemi tak mengurangi semangat Pilihan ketua Osis

By Admin 11 Jan 2021, 09:40:31 WIB SMP Putra Harapan
Masa pandemi tak mengurangi semangat Pilihan ketua Osis

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Hal yang sama juga dirasakan di SMP Boardingf School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) diadakan secara online. Pada Kamis (10/01/2020), Pilketos dimulai pukul 07.47 WIB melalui live streaming Youtube SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto; diawali dengan sosialisasi Pilketos dan video kampanye serta orasi dari masing-masing calon. Serta debat terbuka dan juga sesi tanya jawab para calon ketua dan wakil osis  SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto.

Calon ketua OSIS SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto tahun 2020/2021 ada 8 siswa,  yang terbagi menjadi 4 pasang dan dua kelompok yakni untuk perwakilan putra dan putri adapun beberapa calonya adalah sebagai berikut yaitu:

(01) M. Rafi Maulana & Davin Maulana Akbar

(02) Ardiansyah haidar & Diksan Ryu Pramudya

Adapun dari calon putri terdiri dari

  1. Vida rahmah Annafi & Tsamara Alfia Rahmah
  2. Yasmin Septia Bintang & Hayudya Komalashinta

Langkah-langkah yang ditempuh peserta didik untuk menggunakan hak pilih tidak rumit. Para siswa akan diberikan link google form. Setelah itu, mereka bisa memilih kandidat dengan batasan waktu yang telah ditentukan.

“Ustadz berharap, semua peserta didik menggunakan hak pilihnya. Jangan sampai tidak memilih,” ungkap Ustadz Rido Alfandi, selaku ketua pemilihan ketua dan wakil osis SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto dalam sambutannya.

Dalam acara ini, Ustad Abdullah, S.Pt, selaku Kepala SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto juga turut memberikan sambutan. Beliau berpesan agar Pemilihan Ketua OSIS bisa dijadikan latihan berdemokrasi bagi peserta didik SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto.

Dalam Pilketos ini, masing-masing siswa bisa memilih dua kali yakni untuk perwakilan putra dan putri. Tingkat partisipasi peserta didik cukup tinggi. Berdasarkan catatan panitia, 105 suara masuk. Dari total 136 siswa. Kandidat nomor urut 1: M. Rafi Maulana & Davin Maulana Akbar  dan Vida rahmah Annafi & Tsamara Alfia Rahmah berhasil terpilih sebagai ketua OSIS 2020/202.

“Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS dapat berjalan dengan lancar; tingkat partisipasi siswa juga cukup tinggi,” ungkap Lukman Hakim, S.Ag Kepala Bidang Kesiswaan SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilketos kali ini sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan pencegahan COVID-19.

Semoga momentum Pilketos ini bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi teman-teman siswa SMP Boardingf School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto, dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pilketos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan Sekolah.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook