- OUTING CLASS DAN OUTDOOR STUDY KE MENGANTI
- RATUSAN ANAKMERIAHKAN TARGHIB RAMADAN LPA PUTRA HARAPAN PURWOKERTO
- KESERUAN PERINGATAN ISRO MI\'ROJ BERSAMA KAK IMUNG
- BEDA DARI YANG LAIN, OUTBOUND GURU DAN KARYAWAN LPA PUTRA HARAPAN PURWOKERTO
- PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning)
- SMP BS PUTRA HARAPAN RAIH JUARA DALAM AJANG SOINA KABUPATEN BANYUMAS
- PENDAFTARAN SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 TELAH DIBUKA
- PAGELARAN P5 AKBAR Menggali Prestasi & Potensi Diri Menjadi Pribadi Berintegritas Tinggi
- Selamat Hari Batik Nasional
- PENILAIAN PENCAPAIAN PRAMUKA GARUDA
KEGIATAN PPKKS SPEHA BS
PURWOKERTO 30/12/2021– Kepala SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto, Abdullah, S.Pt menjalani Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS). Ini adalah penilaian untuk evaluasi kerja sebagai kepala sekolah (kepsek). Penilaian tersebut, dilakukan oleh Pengawas sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, yang diwakilkan oleh Ibu Nuri Widhia D.R, S.Pd., M.Pd., Kons
Tim Penilai Prestasi Kinerja Kepsek, Ibu Nuri Widhia mengatakan, PPKKS ini dalam rangka penjaminan mutu pendidikan, jadi mewujudkan sekolah yang bermutu. Untuk mencapai itu, tentunya sekolah harus dipimpin oleh orang yang memang bermutu menjadi kepsek, yang nantinya akan berpengaruh pada warga sekolah secara keseluruhan.
“PPKKS nantinya bisa menjadi database Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia di dunia pendidikan,”
Ibu Nuri Widhia menjelaskan, ada Delapan Standar yang menjadi penilaian kepsek di PPKKS. Delapan standar sekolah diantaranya standar proses, standar pembiayaan, standar sarana dan prasarana, standar isi, standar pengelolaan, standar manajerial, dan standar kelulusan. Persiapan delapan standar ini cukup memakan waktu yang panjang bagi tim yang ditunjuk sekolah. Tim berkerja lebih kurang dua minggu untuk kegiatan ini. Cukup banyak lampiran dan bukti-bukti fisik yang disiapkan. Persiapan ini sebenarnya antara delapan standar tersebut saling berhubungan dan melengkapi dalam persiapan bahan-bahan dan bukti fisiknya. Semua itu yang menjadi bahan penilaian, dan dilihat realisasi dari program yang dibuat oleh seorang kepsek.
“Penilaian ada eksternal dan internal, dan untuk eksternal ada akreditasi dan PPKKS. Kalau akreditasi untuk sekolahnya secara keseluruhan, sedangkan PPKKS untuk kepala sekolahnya,” katanya.
“PPKKS sangat bermanfaat, agar kepsek bisa terus berkembang dengan kemampuan yang dimilikinya. Jadi, seperti motivasi untuk memajukan sekolah menjadi lebih baik lagi,”